Indahnya Saling Mengingatkan….

Posted: June 13, 2011 in sepenggal pemikiran

Pagi ini saya teringat kejadian 2 atau 3  tahun yang lalu ketika saya pergi ke PRJ bareng temen naik sepeda motor pinjaman. Di daerah Gunung Sahari, kami hampir tertabrak busway…. teman saya sampai panik, dan mencak-mencak “Priiiiiii…… urang acan kawiiin” itulah kalimat yang spontan keluar dari mulut teman yang saya bonceng. Saya hanya menjawab “Tadi geus sholat pan???” , “alhamdulillah geus” jawab temen saya.

Ketika saya mau pergi-pergi, saya selalu berprinsip yang penting sholat wajib sudah dilakukan, jadi bikin tenang pikiran dan perasaan kalau-kalau terjadi sesuatu dalam perjalanan, setidaknya saya sudah sholat.

Biasanya, saya suka melakukan Sholat jama takdim kalau mau pergi-pergi jarak jauh. Nah, kemaren pas saya pulang dari Sukabumi menuju Bandung terjebak macet di padalarang, jadi waktu sholat maghrib kelewat dan harus di jama takhir ama isya.  Pas mau sholat, makmum menanyakan ke saya, Maghrib dulu terus Isya kan ya? saya pun menjawab, kita Isya dulu baru Maghrib…. dan kita pun sholat jama takhir dengan urutan isya 4 rakaat baru maghrib 3 rakaat.

Pagi tadi setelah sholat subuh, si makmum menanyakan kembali tentang urutan sholat jama takhir, yang tadinya saya mau baca buku novel karya Tere Liye akhirnya jadi baca-baca buku kumpulan hadist Bukhori-Muslim dan buku Sudah Benarkah Sholatku karya Pak Aam Amiruddin.

Setelah saya cari-cari hadist yang menjelaskan tentang sholat jama takhir, akhirnya saya menyadari kalau urutan Sholat jama takhir yang saya lakukan salah, walaupun ada sebagian ulama yang berpendapat bahwa urutan jama takhir tdk sesuai urutan waktu sholat tapi sesuai dengan jatuhnya waktu melakukan sholat jama takhir, jadi ketika sholat jama takhir Maghrib dan isya, urutannya isya dulu baru maghrib. Tapi riwayat hadist ini kurang shahih.

Dan berkata Abdullah bin Umar, ” Aku melihat Nabi SAW, apabila dalam perjalanan, Nabi SAW mendirikan Shalat Maghrib tiga raka’at kemudian salam, kemudian tidak berapa lama mendirikan sholat Isya dua raka’at.” (H.R Bukhori-Muslim).  Ini hadist yang saya temukan di buku kumpulan hadist Bukhori-Muslim hasil mencari-cari tadi pagi, tapi saya lupa halaman berapa. Kalau di buku Pa Aam, penjelasannya ada di halaman 203.

Alhamdulillah, ada yang mengingatkan…… Insya Allah saling mengingatkan itu indah.

Makasih untuk seseorang yang insya Allah nantinya akan saya imami yang sudah mengingatkan saya.

 

Comments
  1. Kiyoshi says:

    heu,, saha eta seseorang yang akan diimami teh?? heu

  2. nuraeni says:

    bersyukur lah kau telah mendapatkan calon’a…

    sesama muslim kita akan saling mendo’akan..

  3. Pria says:

    alhamdulillah 🙂

  4. seli_usel says:

    . subhanaallah …

Leave a comment