Archive for the ‘Cuma Nulis’ Category

Mimpi-mimpi itu…..

Posted: October 12, 2011 in Cuma Nulis

“…Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukan dunia….”

Mungkin ini hanyalah sepenggal lirik lagu soundtrack Laskar pelangi, tapi ternyata mimpi itu indah….dan lebih indah lagi ketika mimpi-mimpi itu mulai terwujud satu persatu.

(more…)

Kekuasaan itu cenderung jahat, dan kekuasaan yang lama cenderung lebih jahat lagi. Semua orang cenderung pembantah, bahkan untuk sebuah kritikan yang positif, apalagi sebuah tuduhan serius berimplikasi hukum, lebih keras lagi bantahannya.

Bangsa yang korup bukan karena pendidika formal anak-anaknya yang rendah, tetapi karena pendidikan moralnya yang tertinggal. Dan tidak ada yang lebih merusak dibandingkan anak pintar yang tumbuh jahat. Orang-orang dewasa yang jahat sulit untuk diperbaiki meski dihukum seratus tahun, jadi berharaplah dari generasi berikutnya perbaikan akan datang.

Mudah-mudahan generasi itu segera muncul, biarlah saat ini generasi yang sedang berkuasa bobrok sebobrok-bobroknya. Kita ikhlaskan saja saat ini dan kita siapkan sebaik mungkin generasi 5, 10, 15 tahun dan seterusnya agar menjadi generasi yang bermoral bukan generasi yang korup, serakah harta, kekuasaan dan jabatan.

Kita lihat apa yang akan terjadi 5-10 tahun ke depan, apakah bangsa ini bisa bangkit dari masa-masa terendah seperti saat ini, ato malah makin terpuruk???

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ”  QS 13:11

Jakarta menyambut pagi…

Posted: May 4, 2011 in Cuma Nulis

“Langit Biruuuuu…. hari ini aku mencoba mencariiii,..langit biruuuu”

Sepenggal lirik lagu soundtrack film kartun “Macross” kalo gak salah. Pagi ini langit Jakarta memang sangat cerah, biru sebiru-birunya dan udaranya pun cukup bersih. Hal yang langka terjadi di pagi hari.

Segarnya dan cerahnya pagi ini semoga bikin semangat beraktivitas hari ini.

Tadi pagi saya juga melihat fenomena alam yang sangat cantik pas lari pagi, melihat gugusan planet berbaris dan terlihat jelas di ufuk timur….andai aja punya teropong bintang, pasti bagus kalo di foto., gimana cara moto pake teropong bintang????

Kisah si Nasi Rawon….

Posted: May 3, 2011 in Cuma Nulis

Entah yang keberapa kalinya Ibu kos memasakkan makanan buka puasa untuk saya, mulai dari bistik sapi atau ayam, nasi goreng bumbu ikan teri dan terasi, lasagna, dan masih banyak menu lainnya. Kemarin sore, Ibu kos menyiapkan Nasi Rawon Telur asin untuk menu berbuka saya. Alhamdulillah, saya bersama seorang teman kosan dan si Ibu menikmati menu makan malam itu bersama.

Ternyata ini bukan Nasi Rawon biasa, ini adalah Rawon yang kaya cerita, kaya rasa dan kaya akan  cinta.

Ibu Kos saya ini adalah seorang perantau, si Ibu aslinya adalah orang Semarang tapi lama menghabiskan waktunya di pulau Bangka mengikuti Suaminya yang dinas di tambang Timah Bangka. Suami si Ibu suka sekali dengan rawon, dan di pulau Bangka jelas tidak ada makanan yang namanya Nasi Rawon.

Karena cintanya pada sang suami, akhirnya si Ibu pun belajar membuat Nasi Rawon dari Ibu mertuanya. Sampai akhirnya si Ibu kos bisa membuat Nasi Rawon kegemaran suaminya. Resep Nasi Rawon pun ternyata diturunkan ke anak pertama si Ibu, karena menantunya ternyata sangat suka sekali dengan nasi Rawon seperti Almarhum suami si Ibu kos.

Jadi, sampai sekarang resep nasi rawon yang enak itu sudah turun-temurun sampai ke generasi ke-3, luar biasa memang kekuatan cinta dalam nasi rawon.

Nah kalo saya sukanya apa yah???  Saya sangat suka sekali sama yang namanya Semur Terong dan sayur lodeh……. hehehehehe, mudah-mudahan “kisah Nasi Rawon” si Ibu Kos bisa jadi inspirasi untuk episode “Kisah Semur Terong dan Sayur Lodeh”.

Sepeda Tandem …..

Posted: April 25, 2011 in Cuma Nulis

Sabtu pagi seperti biasanya saya bersepeda menuju Dago Pakar, bertemu teman-teman sesama sepeda mania, minum yoghurt Salman, dan menyapa teman-teman Satpam ITB. Namun ada yang beda dan baru di hari sabtu kemarin, Saya mencoba bersepeda Tandem dengan seorang teman.

Ternyata seru juga naik sepeda Tandem, menguji kekompakan, komunikasi dengan partner, dan yang pasti kekuatan fisik dan stamina lebih teruji, hehehehe. Serunya lagi, kalo naik sepeda Tandem, sepedahan kayanya gak bakalan bosen karena kita bisa sepedahan sambil ngobrol kesana-sini. Perjalanan menuju tempat sarapan Lontong Gempol, melalui gang sempit sampe harus diangkat-angkat sepeda tandemnya, keliling Gasibu, ke pasar Balubur, turun ke Dago, BIP, Taman lalulintas sampai memutar ke Taman Pramuka dan kembali ke Dago. Benar-benar sepedahan yang seru dan menyenangkan.

Kapan-kapan ingin coba bersepeda Tandem keliling Bandung.

Hai Indonesiaku….

Posted: April 20, 2011 in Cuma Nulis

Disela-sela percakapan dengan seorang teman di kantor tentang rencana agenda liburan pas Harpitnas di bulan Mei.

Teman : “Rek liburan kamana maneh Pri???”

Pria : “rencanana rek liburan keliling Jawa, tapi Gunung Bromo masih erupsi, jadi dicancel…. terus niatna rek travelling ka pulau Banda Naira di Maluku…”

Teman : “Mending ulin ka luar negeri weh yuk!!!”

Pria : “Urang hayangna keliling Indonesia heula sih, kakara ka luar negeri”

Percakapan yang sangat sederhana dan simpel, tapi bagi saya sangat penting. Kenapa orang-orang kita lebih tertarik travelling ke luar negeri??? kenapa orang-orang kita kurang menyukai travelling di negeri sendiri??

Saya pribadi sejujurnya lebih suka travelling keliling Indonesia, dan punya impian ingin menginjakkan kaki di seluruh wilayah Indonesia ini sebelum memulai petualangan ke luar negeri.

Indonesia ini cantik loh….

Indonesia ini kaya loh…..

Indonesia ini indah loh….

Indonesia ini membanggakan loh…..

Entah karena saya yang terlalu nasionalis atau karena saya lahir di Indonesi saya jadi begitu bangganya dengan keindahan, keramahan dan kearifan bangsa ini *kecuali dunia politik yang gak pernah bikin saya bangga akan indonesia*.

Mungkin yang perlu disoroti oleh kita adalah masalah biaya transportasi, seringnya harga tiket pesawat ke luar negeri bisa jauh lebih murah daripada harga tiket perjalanan domestik. Mungkin hal inilah yang menjadi salah satu pertimbangan kenapa orang-orang lebih memilih jalan-jalan ke luar negeri daripada di dalam negeri, karena dengan biaya yang sama mereka bisa mendapatkan lebih daripada di Indonesia. Selain itu, mungkin ada rasa bangga juga kali yah pernah jalan-jalan ke luar negeri, biar dibilang gaul. hehehehe……

Apapun itu, tekad saya sudah bulat… ingin menginjakkan kaki di seluruh wilayah Indonesia ini dan mebawa oleh-oleh foto untuk mempromosikan keindahan alam, budaya dan keramahan bangsa ini.

Semoga diberi kesempatan, rejeki dan umur untuk mewujudkan itu semua, aamin.

Syukurku akan nikmat-Mu

Posted: April 15, 2011 in Cuma Nulis

27 tahun sudah diri ini melanglang buana di bumi ini, senyum, tangis, tawa, perjumpaan, perpisahan, ujian dan berbagai cobaan selalu menghiasi hari-hari saya.

Terkadang saya merasa menjadi orang yang paling sengsara dan menderita ketika diberi suatu cobaan, atau ketika kehilangan sesuatu atau seseorang dalam hidup ini.

Alhamdulillah, di usia saya yang ganjil 27 tahun hari ini, saya masih dikelilingi oleh teman-teman yang luar biasa. Teman-teman yang selalu hadir menghiasi keseharian saya baik itu hiasan duka maupun suka. Ada keluarga saya, bapak-ibu, kakak dan istri serta anaknya, adik saya. Merekalah yg selalu membuat saya merasa sangat berharga dan selalu ingin berusaha membahagiakan keluarga, terutama bapak dan ibu.

Sahabat, Subhanallah….Alhamdulillah, begitu banyak sahabat yang ada disekeliling kehidupan saya. Mereka selalu ada untuk berbagi maupun dibagi…. baik suka, duka dan hal apapun yang membuat persahabatan kami semakin kuat.

Terimakasih untuk semuanya atas doa kalian selama ini, doa yang selalu menaungi hidup saya setiap hari, doa yang selalu membuat saya bersemangat untuk berbagi dan menjadi lebih baik lagi setiap harinya. karena kalian semualah saya menjadi seperti sekarang. Karena kalianlah saya bisa menjadi pribadi yang semakin baik. Serta berkat Rahmat, ridho dan Barokah dari Allah lah saya bisa menjadi seperti ini.

Alhamdulillah ya Allah, begitu banyak nikmat yang Engkau beri pada Hamba sampai saat ini, semoga disisa umur saya ini, saya bisa lebih amanah terhadap umur, pekerjaan, keluarga, teman, sahabat dan amanah dalam semua hal dalam hidup ini, Insya Allah…Aamin.

Harapan terbesar di Ulang tahun saya kali ini adalah ingin membahagiakan ibu dan bapak dengan cara memberikan menantu, istri dan calon ibu untuk anak-anak saya yang sholehah…. yang bisa membawa berkah kebahagian dunia dan akhirat, sehingga keluarga yang akan saya bina nanti menjadi keluarga yang sakinah mawahdah warrahmah…. aamin 🙂

Pria

15042011