Kiamat….. Antara bertanya dan bersiap diri

Posted: February 8, 2011 in sepenggal pemikiran

KIAMAT….. Hampirsemua orang pasti pernah bertanya tentang kiamat dan kapan terjadinya kiamat. Namun Allah menjawab dengan Firman-Nya “Siapakah (kamu) dapat menyebutkan (waktunya).” {An-Nazi’at :43}.

Pertanyaan tentang kapan terjadinya kiamat adalah sesuatu yang tidak bermanfaat. Bahkan sampai bermunculan film-film yang menggambarkan tentang kiamat yang sudah semakin dekat, tanpa memberikan suatu manfaat bagi yang menontonnya, hanya menimbulkan keresahan dan kekaguman akan efek-efek yang ditampilkan dalam film-film tersebut.

Cukuplah bagi kita untuk sekedar tahu bahwa kiamat pasti akan terjadi. Oleh karena itu, saat Rosulullah ditanya tentang kiamat, bliau hanya balik bertanya kepada si penanya dengan mengatakan,“Apa yang telah engkau persiapkan untuk menghadapinya?”. Apa yang Rosulullah lakukan kepada si penanya merupakan suatu sanggahan atas pertanyaan yang cuma-cuma tersebut dan mengarahkannya kepada yang lebih bermanfaat.

Sebuah ironi memang, ketika masih banyak orang yang sibuk bertanya dan membicarakan tentang kapan terjadinya kiamat. Padahal sudah jelas dalam Al-Quran bahwa Kiamat itu pasti ada dan datang, tentang kapan terjadinya hanya Allah yang maha Mengetahui.

“Dan orang-orang yang beriman kepada apa yang telah diturunkan kepadamu dan yang telah diturunkan sebelummu, dan mereka meyakini akan hari kiamat.” {Al-Baqoroh : 4}

Janganlah kita menyibukkan diri dengan sesuatu yg belum terjadi tapi pasti terjadi, karena hal itu hanya akan banyak menimbulkan kesia-siaan. Lebih baik kita selalu berusaha melakukan yang terbaik setiap harinya, setiap jamnya, setiap detiknya dan selalu berusaha memperbaiki diri dalam segala aspek. Sehingga kita benar-benar siap menghadapi apapun yang akan terjadi, termasuk Kiamat.

`Hai manusia, sesungguhnya kamu telah bekerja dengan sungguh-sungguh menuju TuhanMu, maka pasti kamu akan menemui-Nya` {Al-Insyiqaq : 6}

Hanya sebuah hasil renungan di subuh hari berteman Qur’an dan buku Hasan Al-Banna. Semoga manfaat bagi semua termasuk saya…aamiin.

Advertisements
Comments
  1. seli_usel says:

    . thanks atas infonya
    . mantap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s