Antara Ulil Amri, Pemimpin dan yang amanah……

Posted: November 16, 2010 in sepenggal pemikiran

“Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Qur’an) dan Rasul (sunahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.” [QS 4:59]

Yang menjadi pertanyaan sekarang, apa dan siapakah sih ulil amri itu?? Untuk di negara kita ini siapakah ulil amri-nya?? pemerintah kah? ato MUI kah? ato siapa??

Allah menjelaskan bahwa ciri-ciri utama Ulil Amri Minkum yang sebenarnya ialah komitmen untuk selalu mengembalikan segenap urusan yang diperselisihkan kepada Allah (Al Qur’an) dan Rasul (sunnahnya). Para pemimpin sejati di antara orang-orang beriman tidak mungkin akan rela menyelesaikan berbagai urusan kepada selain Al-Qur’an dan Sunnah Ar-Rasul. Sebab mereka sangat faham dan meyakini pesan yang terkandung dalam surat An-nisa ayat 59 tadi.

Jika kita berkaca pada kehidupan negara ini, apakah pemimpin kita sudah amanah? apakah yg kita anggap sebagai ulil amri itu sudah tepat?

Ternyata sulit dan besar juga tanggungjawab untuk menjadi pemimpin di negeri ini, mudah-mudahan jika kita diberi kesempatan untuk maju menjadi salah satu pemimpin di negeri ini, mudah-mudahan kita bisa menjadi pemimpin yang amanah dan bisa membawa dan menyampaikan hal yang baik dan benar sesuai Al-Quran dan Hadits. Aamin.

Mudah-mudahan juga para pemimpin-pemimpin yang sekarang menjabat tahu dan sadar akan amanah serta tanggungjawab yang diembannya, bukan hanya sekedar duduk di tapuk pimpinan hanya demi kekuasaan dan materi saja. Aamin.

Advertisements
Comments
  1. lieblick says:

    aku mendukungmu Pri… ^^

    mudah-mudahan jika “kamu” diberi kesempatan untuk maju menjadi salah satu pemimpin di negeri ini, mudah-mudahan “kamu” bisa menjadi pemimpin yang amanah dan bisa membawa dan menyampaikan hal yang baik dan benar sesuai Al-Quran dan Hadits

  2. Ledya says:

    Baarakallah fiyk 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s