Obama, Sate dan Bakso….

Posted: November 11, 2010 in sepenggal pemikiran

Kedatangan Presiden Amerika Serikat ke Indonesia memang banyak mengundang pro dan kontra, terutama dikalangan umat muslim dan mahasiswa dengan berbagai alasannya masing-masing.

Namun, apapun itu…..selalu ada hikmah dibalik setiap kejadian, termasuk kunjungan Presiden AS itu.  Jika diperhatikan bagaimana sikap Presiden RI, SBY dalam penyambutannya, menurut saya terlalu berlebihan dan seolah-olah bangsa kita ini benar-benar tidak ada apa-apanya dibandingkan Bangsanya Obama. Bagaimana cara SBY menghargai Obama dengan kata-kata **Yang Mulia**, hal ini sangat menunjukkan bahwa Pemimpin Bangsa ini justru merendahkan bangsanya sendiri, jadi wajar jika pada kenyataannya banyak kita temukan warga kita sendiri tidak merasa bangga atas bangsanya sendiri.

Yang paling menggelitik bagi saya adalah ketika Obama berbicara menggunakan Bahasa Indonesia. Sepertinya kita harus malu dan berkaca pada wajah diri sendiri. Dengan fasih dan jelas, Obama mengucapkan **Bakso, Sate, kerupuk, dll** . Coba kita perhatikan sekitar kita, bagaimana dengan bangga dan merasa gaya ketika mengucapkan kata-kata bahasa Indonesia tapi dibuat kebarat-baratan, **Suattee, Buaksho, … dll** terutama artis-artis kita, dan itru ditiru oleh kebanyakan remaja dan anak-anak. Biar dibilang **Anak Gaul**.

Bangsa ini adalah Bangsa yang besar, jadi sudah sepantasnyalah kita harus menularkan kebanggan ini kepada semua lapisan masyarakat, terutama  pada kalangan remaja dan anak-anak.

“Tahu kamu kalau aku ngomong blak-blakan. Aku yakin akan terjadi perang saudara. Kalau perang dengan bangsa lain, kita bisa membedakan fisiknya. Tapi dengan bangsa sendiri, itu sangat sulit. Lebih baik aku robek diriku sendiri, aku yang mati daripada rakyatku yang perang. Aku tidak sudi minta suaka ke negeri orang…” – Bung Karno –

Beginilah salah satu contoh pemimpin besar mengajarkan kebanggaan sebagai Bangsa Indonesia.

Advertisements
Comments
  1. eduardoxmenezes says:

    haha. kerenan bung soekarno

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s