Potret Pendidikan

Posted: January 6, 2009 in sepenggal pemikiran

HAri ini, 5 Januari 2009……

Gak kaya biasanya, saya mandi jam setengah 6 pagi…biasanya jam 6 ato jam 6.15, berhubung sabun abis…pake punya Kama, jadi weeeh harus mandi duluan sebelum si Kama (nuhun ah Sabunna…hehehehe).

Nah, gak biasanya kamar mandi yg besar dah ada yg ngisi (ada kamar mandi Besar, tempat saya biasa pake…ama yg kecil…tempat yg biasa dipake Kama…). Ternyata anak Ibu Kos…(Rais namanya) dah mandi dong….padahal biasanya jam segitu si Rais masih tidur tuh (saruana jeung si Kama,hahahaha…piss yaouw)

Ternyata eh ternyata……Hari ini mulai diberlakukan Jam sekolah yang baru di seluruh Jakarta. Mereka yang biasanya masuk sekolah jam 7 pagi, dipajukan lebih awal jadi jam setengah 7. makanya si Rais tumben banget dah mandi jam setengah 6, hahahahaha……Akhirnya si Rais pun berangkat jam 6.15 dari rumah, karena jarak ke sekolahnya hanya 5 menit jalan kaki.

Sambil baca Koran dan nonton televisi dan nungguin Kama Turun, saya mendengar percakapan Ibu-Bapak Kos dan tetangganya mengenai perubahan Jam masuk sekolah ini. Sepertinya mereka keberatan dengan perubahan ini. Alasannya klise, karena anak mereka susah buat bangun pagi-pagi. (hadooooooooh…apa kata dunia?????).

Siaran di salah satu stasiun televisi swasta pun ada yang mengangkat tema “perubahan jam sekolah”, tanggapan orang tua pun beragam, ada yang setuju karena bisa membuat anaknya lebih rajin….ada yang keberatan karena jarak rumah dan sekolah yang jauh.

ketika ada yang seorang anak yang diwawancara, dia merasa tidak keberatan dengan aturan baru itu, karena dia memeng sudah terbiasa bangun pagi-pagi, tapi ada anak lain yang mengeluh karena dia memeng tidak terbiasa bangun pagi.

Itulah potret pendidikan dan karakter sebagian masyarakat kita. Kita terlalu terbiasa santai dan berleha-leha, terbiasa menyamankan diri, dan mungkin juga terbiasa menjadi yang tertinggal…….

Jika dilihat lagi, Kebijakan memajukan jam Sekolah adalah untuk mengurangi tingkat kemacetan kota Jakarta di pagi Hari, karena mereka yang berangkat bekerja, kuliah, dan sekolah, berangkat pada waktu yang bersamaan. Akan tetapi, jika dilihat dari sudut pandang untuk bergerak maju…semestinya kita malu, “Di suruh maju kok gak mau…????”

Pendidikan sejak dini, terutama pada anak-anak sangatlah penting. Karena itu akan membangun Karakter dalam diri mereka…… Terus SEMANGAT dan Terus BERJUANG insan-insan Pendidikan….. (Buat ibu saya juga…yang sudah mengabdikan dirinya di dunia Pendidikan…Makasih Mah…)

Advertisements
Comments
  1. anggun says:

    hohoho..terima kasih, terima kasih.. geer aja saya mah asa disemangatin juga.. hehehe 😀

    SEMANGAAAAT ahhh.. hosssssh! 😡

  2. Pria says:

    jangan geer Bu….. tapi beneran kok….
    saya salut ama orang2 yang bergerak di dunia pendidikan…..epoooool banget lah….
    asal beneran niatnya…..
    karena ngajar mungkin gampang…tapi mendidik itu yang susah, butuh kesabaran dan perjuangan yang melelahkan…..
    yang penting kalian kaum pendidik menikmati…..
    Semangat BuGuru!!!!!!!!

  3. machmoedsantoso says:

    hmmm,, perasaan dulu sma masuk jam setengah 7 teu protes…
    padahal tradisi masuk setengah tujuh mungkin sudah ada sejak lama di SMA terbaik indonesia itu.. heu..

    pokona mah, knowledge is power, but character is more….

  4. saya ge SMA udah masuk jam setengah 7 ah kang..
    ieu meureun dasar orang ibukota kabiasaan hudang beurang..haha
    enya sih kang saya ge miris.kalo dibalik diberlakukannya masuk lebih pagi ini alesannya cuma untuk mengurangi macet…

  5. acit says:

    hehe, dari SD keneh ampe mau lulus sarjana, acit cukup berjuang keras buat ga terlambat teh..maklum yaa..rumahnya d tempat macet dan sekolahnya makin tinggi makin jauuh aja..tapi senang ketang=D

    eniwei..stuju. gapapalah sebagian orang protes… rakyat ktia kadang memang harus dipaksa dulu di awal..

    SMANGAT, SMANGAT!! *t gungun, semangaat* =D

  6. ainkobra says:

    hmmmh.. pendidikan..
    setengah tujuh… biasa ajah kali..

    can nyobaan asup sakola jam setengah genep nya.. heu heu heu..

    :))..

  7. Pria says:

    Acit : Setuju…sebagian masyarakat memang harus sedikit dipaksa untuk menumbuhkan suatu kesadaran……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s