KEPRIBADIAN ISLAM YANG TELAH HILANG

Posted: December 2, 2008 in sepenggal pemikiran

Apa yang sebenarnya hilang dari kaum muslimin sehingga hilang pula kepribadiannya dan meleleh jati dirinya selaku seorang muslim???

Kita semua pasti ingin mengembalikan jati diri keislaman kaum muslimin yang kini telah hilang. Ini merupakan hakikat, yang meskipun sederhana tetapi telah sirna dari mayoritas umat islam. Agar lebih jelas lagi, kita bisa bertanya pada diri kita sendiri tentang jumlah kaum muslim yang saat ini berkumpul di rumah-rumah Allah (mesjid) di setiap waktu shalat. Berapakah jumlah mereka saat merayakan hari raya??Berapakah jumlah mereka saat ibadah haji??berapakah presentase orang muslim yang mendekam di penjara???Apalagi jika kita bertanya tentang jumlah orang yang mengucapkan kalimat “La ilaha ilallah muhammad rosulullah.”, jumlahnya pasti akan jauh lebih besar lagi…TAPI, APAKAH MEREKA SEMUA MEMILIKI KEPRIBADIAN ISLAM????

Rasulullah Saw telah berhasil membentuk generasi yang memiliki kepribadian yang benar-benar baik, yaitu dengan munculnya suatu umat yang sanggup memikul risalah, mendirikan shalat, mendirikan daulah, membangun peradaban, dan mengukir sejarah besar. Bliau telah berhasil menjadikan yang lemah menjadi kuat, yang buta huruf menjadi pintar, yang bercerai-berai menjadi satu, dan dari orang-orang yang tidak beralaskan kaki dan berpakaian minim menjadi sebaik-baik umat yang ditampilkan di permukaan bumi…

Hal itu karena islam merupakan risalah pembinaan sebelum menjadi risalah hukum, risalah akhlak sebelum risalah jihad, risalah kemuliaan dan nilai sebelum menjadi banyak pengikutnya dan tersebar luas. Maka inti dari risalah islam adalah akhlak dan ihsan, sarananya adalah keteladanan dan pembinaan, sedangkan objek yang pertama kali dituju adalah jiwa dan hati manusia…

Kesimpulannya, yang hilang dari kaum muskmin adalah kepribadian muslim dan bangunan akhlak mereka, yaitu kepribadian yang pernah dibina dan dibentuk oleh Rasulullah Saw. dan telah ditentukan kriterianya oleh Alquranul karim, yang diserukan melalui ayat-ayatnya. Sesungguhnya merekalah pribadi-pribadi muslim yang senantiasa berusaha mengenal melalui al-quran. KArena Al-quran adalah benar-benar wahyu Allah : “Sesungguhnya Al Quran itu adalah benar-benar wahyu (Allah yang diturunkan kepada) Rasul yang mulia,dan Al Quran itu bukanlah perkataan seorang penyair. Sedikit sekali kamu beriman kepadanya.Dan bukan pula perkataan tukang tenung. Sedikit sekali kamu mengambil pelajaran daripadanya.Ia adalah wahyu yang diturunkan dari Tuhan semesta alam.. (Q.S Al-Haqqah 40-43)

menurut saya, usaha untuk mengenal dan mempelajari al-quran inilah yang kini hilang dalam diri umat muslim,,padahal jika kita berusaha memahami, mempelajari dan mengamalkannya insya Allah moral masyarakat tidak akan memprihatinkan seperti saat ini..gimana menurut anda????

kira-kira metode-metode apa yah yang dapat disarankan agar saudara-saudara kita mau mempelajari, memahami dan mempelajari al-quran????
seperti halnya mereka begitu tertarik untuk membaca sampai tamat novel, komik, majalah,dan koran…..

Jadi, selama umat muslim selalu berusaha mengenal dan mempelajari al-quran….mudah-mudahan kepribadian umat muslim yang hilang itu dapat dibentuk kembali….

Advertisements
Comments
  1. wuuii kang pria!!
    mungkin eleh propaganda sama kapitalis kang…??
    salah satu hal penting yang Islam kalah..
    propagandanya kapitalis kan “edan-edan”,,,
    bisa membuat sesuatu yang salah manjadi benar dan yang benar menjadi salah…
    bener teu? :-/

  2. Pria says:

    bener……matakna, tong eleh ku kaum kapitalis…..BERANGKAT!!!!!!!!!!!

  3. dhybikinbloglagi says:

    Subhanallah..
    baru sekarang baca blognya kang pria

    hehe..
    bagus2…

    =)

  4. melamel says:

    halo kg pria!
    baru ketemu ni di blog…

    kalo kata aq mah yang harus dibenerin aqidahnya dulu kali ya, kalo dasarnya udah bener, insyaAllah akhlaknya bakal ngikutin. Masalahnya aqidah orang2 muslim sekarang mungkin masi banyak yang g sesuai ma yang seharusnya. Mungkin ya, masi belom pada ngerti sama yang jadi pengikat aqidah itu sendiri, yaitu syahadat. Mungkin kalo udah ngerti dari situ terus jadi tau deh tujuan hidup tuh apa terus jadi kebentuk deh kepribadian yang seharusnya kaya apa. Hhe.. maap y kang, kalo ada salah2 tolong dibenerin. Aq juga masi belajar…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s